Fashion, Lifstyle, Kecantikan, Kesehatan, Hiburan, Internet, Gadget, Komputer, Teknologi, Otomotif, Travel, Zodiak


Ciri-Ciri & Gejala Kanker Serviks

Share on :
Ciri-Ciri & Gejala Kanker Serviks - Sebelum kita membahas tentang Ciri-ciri & gejala kanker serviks, kita bahas dulu pengertian kanker serviks.

Kanker serviks atau biasa disebut kanker leher rahim adalah jenis penyakit kanker yang terjadi pada daerah leher rahim. Yaitu, bagian rahim yang terletak di bawah, yang membuka ke arah liang vagina. Berawal dari leher rahim, apabila telah memasuki tahap lanjut, kanker ini bisa menyebar ke organ-organ lain di seluruh tubuh. Untuk Itu sebagai kaum wanita alangkah baiknya mengetahui Ciri-ciri & Gejala kanker serviks.
Ciri-Ciri & Gejala Kanker Serviks

Penyebab utama dari kanker Serviks  ini adalah virus HPV (Human Papilloma Virus). Virus ini memiliki lebih dari 100 tipe, di mana sebagian besar di antaranya tidak berbahaya dan akan lenyap dengan sendirinya. Jenis virus HPV yang menyebabkan kanker serviks dan paling fatal akibatnya adalah virus HPV tipe 16 dan 18, selain itu kanker serviks disebabkan tumbuhnya sel-sel tidak normal pada leher rahim, Yang paling mengerikan serviks merupakan kanker yang tersering dijumpai di Indonesia. Diantara seluruh kanker, jenis ini mencapai  hampir 27% diantara penyakit di Indonesia.
Jadi, khususnya wanita harus mengetahui ciri-ciri & Gejala Kanker Serviks  

Berikut saya bagikan ciri-ciri & gejala kanker serviks

Stadium dini
Sering menunjukkan gejala atau tanda-tandanya yang khas, bahkan tidak ada gejala sama sekali.

Stadium lanjut
Sedangkan pada stadium ini ciri-ciri sangat mudah untuk dilihat, contohnya adalah sebagai berikut
  • Pendarahan sesudah mati haid (menoipause)
  • Pada tahap lanjut bercampur darah, nyeri pinggul atau tidak dapat buang air keci
  • Pendarahan sesudah senggama,
  • Keluar keputihan atau cairan encer dari vagina
Jadi bagi kamu wanita yang sudah melihat gejala seperti yang ditunjukkan ciri-ciri diatas, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk konsultasi. Disana kamu bisa memastikan apakah mengidap penyakit kanker serviks atau tidak. Dan jika ternyata mengidap, maka tindakan medis selanjutnya bisa segera dilakukan dengan segera.
Anda sudah mengetahui apa saja ciri-ciri kanker serviks, tapi sebenarnya apa saja sih penyebab dari jenis kanker ini. Dengan melakukan pencegahan bukankan itu lebih baik daripada berobat. Nah berikut adalah penyebab yang bisa mengakibatkannya :
  • Lebih 95% kanker serviks berkaitan erat dengan infeksi HPV yang dapat ditularkan melalui aktivitas seksual
  • Berganti-ganti pasangan seksual
  • Gangguan sistem kekebalan tubuh
  • Merokok Tembakau dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi HPV pada serviks.
  • Hubungan seksual pertama dilakukan pada usia dini
  • Pemakaian pil KB
Setelah mengetahui ciri-ciri dan penyebab dari serviks. Semoga ini dapat membantu anda terhindar dari penyakit kanker yang sangat berbahaya ini.

Gejala Kanker Serviks

Pada tahap awal, penyakit ini tidak menimbulkan gejala yang mudah diamati. Itu sebabnya, Anda yang sudah aktif secara seksual amat dianjurkan untuk melakukan tes pap smear setiap dua tahun sekali. Gejala fisik serangan penyakit ini pada umumnya hanya dirasakan oleh penderita kanker stadium lanjut. Yaitu, munculnya rasa sakit dan perdarahan saat berhubungan intim (contact bleeding), keputihan yang berlebihan dan tidak normal, perdarahan di luar siklus menstruasi, serta penurunan berat badan drastis. Apabila kanker sudah menyebar ke panggul,

Penularan kanker Serviks
 
Penularan virus HPV bisa terjadi melalui hubungan seksual, terutama yang dilakukan dengan berganti-ganti pasangan. Penularan virus ini dapat terjadi baik dengan cara transmisi melalui organ genital ke organ genital, oral ke genital, maupun secara manual ke genital. Karenanya, penggunaan kondom saat melakukan hubungan intim tidak terlalu berpengaruh mencegah penularan virus HPV. Sebab, tak hanya menular melalui cairan, virus ini bisa berpindah melalui sentuhan kulit.

Itulah beberapa ciri-ciri & gejala kanker serviks, khususnya kaum wanita agar berhati-hati dengan penyakit ini, semoga bermanfaat.



1 komentar:

Ida mengatakan... Reply Comment 6 Oktober 2012 pukul 15.57

Terima kasih atas infonya, dari artikel ini saya tau banyak tentang kanker serviks. Dari pengetahuan ini kita bisa melakukan pencegahan sejak awal dan juga mengenali gejala-gejalanya.

Post a Comment and Don't Spam!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG, SEBELUM BERLANJUT..SILAHKAN KLIK "SUKA/LIKE" DULU YA..


×
Ping your blog, website, or RSS feed for Free